Saya bermimpi untuk memiliki pekerjaan untuk bisa melakukan banyak perjalanan, ke seluruh wilayah Indonesia, dan bahkan menyinggahi seluruh Benua di Dunia.

Apa yang telah dikerjakan oleh @pandji sangat menginspirasi saya. Dia telah melakukan tur stand-up comedy di 15 kota di Indonesia plus 1 tur luar negerinya, Singapura. Yang mengagumkan, dia menggandeng komunitas stand-up comedy setempat yang terbentuk secara independen dan tur dirancang agar juga mendatangkan keuntungan bagi komunitas tuan rumah. Lebih mengherankan, industri stand-up comedy seperti meledak secara tiba-tiba dimana mendadak muncul nama-nama comic tersohor yang pada setiap shownya tiketnya selalu sold out!! Entah fenomena apa ini.

Poinnya adalah @pandji bisa berdiri dengan namanya sendiri, tidak hanya menguntungkan untuknya, tapi juga masyarakat lokal, komunitas tentunya.

Perhatikan bahwa fenomena ini ‘sekedar’ bicara tentang kemasan hiburan. Ternyata orang bersedia bayar untuk mencari kesenangan. Tidak hanya satu orang, tapi banyak orang!!

Saya punya ‘misi’ lebih besar daripada ‘sekedar’ hiburan. Tapi mungkin tidak bisa dibandingkan juga; lebih besar, sama, atau lebih kecil. Hiburan pada umumnya untuk menyenangkan atau menuntaskan rasa penasaran diri sendiri, kesannya hanya sesaat. Nilai lebihnya, sepele apapun bentuk hiburan jika dikemas menarik pasti akan mengundang banyak orang.

Yang ingin saya tekuni adalah bagaimana mengundang peran serta banyak orang untuk mengelola lingkungannya.

Bagaimana mengemas cara yang menarik agar komunitas atau masyarakat bisa peduli dan bergerak untuk lingkungan yang lebih baik?

Apa yang membuat orang mau berpartisipasi bahkan tidak keberatan untuk membayar untuk mendapatkan ilmu untuk menata lingkungan rumahnya?

Yang terpenting, apa cara yang saya tawarkan kepada masyarakat agar mereka bisa berpartisipasi secara fun sebagai mana layaknya seperti hiburan bagi mereka, sehingga masyarakat dengan senang hati melakukannya atas dasar keinginan sendiri. Tak hanya hiburan yang sekedar menyenangkan hati tapi juga berdampak positif bagi hidup mereka juga.

Mungkin serupa dengan beberapa kegiatan yang sudah ada : melakukan penghijauan, merevitalisasi ruang publik atau bahkan membangun ruang publik bersama, mengelola sampah, mengelola sanitasi, dsb.

Namun dengan cara yang sama sekali BEDA dan FUN, karena selama yang saya tahu, semua itu sudah dilakukan dengan cara old-school yang tidak keren sama sekali, hanya berupa penyuluhan membosankan dari instansi pemerintahan.

 

Saya belum menemukan cara BEDA-FUN-nan KEREN itu, masih proses mencari.

Namun saya tidak sabar untuk bisa berkeliling daerah, mengajak komunitas setempat untuk beraksi bersama dengan cara menyenangkan sekaligus berdampak terhadap perbaikan lingkungan hidup mereka.

 

Intinya adalah tentang BERBAGI – BERGERAK BERSAMA – LOKAL – DARI & UNTUK SEMUA

Karena saya percaya, solusi yang berkelanjutan harus dilakukan oleh kelompok setempat, orang di luar itu hanya bisa menjadi provokator-inspirator yang membantu warga lokal bergerak bersama.

 

 

#nikeveryday

@nikpraw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *